Bekerja dan Belajar Bersama *
Bekerja atau belajar bersama adalah suatu proses kelompok yang     disokong oleh anggota-anggota kelompok , di mana ada ketergantungan     satu dengan yang lain untuk mencapai suatu tujuan yang disepakati.     Ruang kelas adalah tempat yang baik sekali untuk membangun kemahiran     kelompok yang Anda butuhkan kemudian di dalam kehidupan.     
Bekerja/belajar bersama adalah pergaulan antar anggota     kelompok, Anda :
- Membangun dan memberikan pendapat untuk suatu tujuan yang      sehat      
 
- Menambah pengertian Anda tentang suatu masalah:
pertanyaan-pertanyaan, wawasan dan penyelesaian       
- Menanggapi, dan bekerja untuk mengerti pertanyaan-pertanyaan      yang lain, wawasan, dan penyelesaian.
Setiap anggota kelompok berwenang berbicara kepada yang lain dan      menyumbangkan dan mempertimbangkan sumbangan pikiran mereka.       
- Bertanggung jawab terhadap yang lain, dan mereka bertanggung      jawab terhadap Anda.      
 
- Tergantung satu dengan yang lain, dan mereka      tergantung pada Anda. 
 
Bagaimana membentuk suatu kelompok belajar yang baik?
- Kegiatan kelompok dimulai dengan latihan, dan proses      pengertian kelompok.
Seorang pengajar/pelatih memulai kegiatan dengan fasilitas      diskusi dan alternatif (pilihan) usulan, tetapi tidak menentukan      penyelesaian terhadap kelompok, khususnya mereka yang sulit      bekerja dengan kelompok.       
- Tiga hingga lima orang
Kelompok yang besar menimbulkan kesulitan untuk mempertahankan      keterlibatan masing-masing.       
- Pengajar- tugas kelompok
Fungsi tugas kelompok lebih baik daripada tugas mandiri       
- Keragaman tingkat kemahiran, latar belakang, dan pengalaman      
- Setiap individu memperkuat kelompok       
 
- Setiap       anggota kelompok bertanggung jawab bukan saja terhadap       sumbangan pikirannya, melainkan juga membantu pengertian       yang lain tentang sumber kekuatan mereka       
 
- Anggota yang tidak beruntung dan tidak suka terhadap       kebersamaan akan menyumbangkan dorongan wewenang yang       proaktif.       
 
- Belajar secara positif dipengaruhi oleh keragaman       pandangan dan pengalaman, meningkatkan pilihan di dalam       pemecahan masalah, memperluas jarak pertimbangan secara       rinci. 
 
 
- Kesepakatan setiap anggota untuk mencapai tujuan dapat      ditentukankan dan dimengerti oleh kelompok      
- Penilaian pasangan secara rahasia adalah cara terbaik       untuk menaksir siapa yang terlibat atau yang tidak       menyumbangkan pikiran.       
 
- Kelompok berhak untuk mengeluarkan anggota yang tidak       bekerja sama atau tidak berpartisipasi, apabila semua usaha       perbaikan gagal.
(Orang yang dikeluarkan kemudian mencari kelompok yang lain       yang menerimanya)        
- Individu-individu dapat terhindar kalau mereka yakin       mereka melakukan lebih banyak dengan sedikit bantuan dari       yang lain.
(Orang ini dapat sering lebih mudah menemukan kelompok lain       yang menerima sumbangan pikirannya)        
 
- Membagi prinsip-prinsip tanggung jawab, ditentukan dan      disetujui oleh setiap anggota kelompok. 
 
- Semua ini termasuk: 
 
- Adanya kesepakatan, persiapan dan tepat waktu untuk      pertemuan      
 
- Ada diskusi dan pemusatan perdebatan terhadap pokok      persoalan, menghindari kritik perorangan      
 
- Bertanggung jawab membagi tugas dan melaksanakannya tepat      waktu.
Anda mungkin perlu melaksanakan tugas-tugas dengan memiliki      sedikit pengalaman, merasa tidak siap, atau bahkan berpikir yang      lain dapat melakukan yang terbaik. Menerima tantangan, tetapi      bersenanglah dengan keadaan bahwa Anda membutuhkan bantuan,      latihan, pembimbing, atau berhenti dan mengerjakan tugas yang      lain.       
Proses:
- Mengacu pada Penuntun (Pedoman) Proyek Kelompok      
 
- Susun tujuan, tetapkan bagaimana sering dan apa yang akan      Anda komunikasikan, kemajuan penilaian, membuat keputusan, dan      memecahkan konflik (pertikaian)      
 
- Menetapkan sumber, khususnya seseorang yang dapat menyiapkan      petunjuk, pengawasan, nasehat, dan bahkan penengah.      
 
- Jadwal tinjauan kemajuan Anda dan komunikasi untuk      mendiskusikan apa yang dikerjakan dan apa yang tidak dikerjakan.      
 
- Kelompok kelompok yang bermasalah seharusnya diundang atau      perlu dipertemukan dengan instruktur untuk mendiskusikan      kemungkinan penyelesaian.      
 
* "Belajar Bersama" sering digunakan di dalam pendidikan K-12,     and "Belajar Bekerja Sama" di pendidikan tinggi
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar